Feb. 13.

Geliat UNP Membangun Kerjasama antar Universitas

Geliat UNP Membangun Kerja Sama antar Universitas

Geliat UNP Membangun Kerja Sama antar UniversitasTak hanya FE, fakultas lain pun mulai mengepakkan sayap menjalin kesepakatan dan kerja sama dengan universitas luar negeri

November lalu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Prof. Dr. Syafri Anwar, M.Pd., baru pulang dari Universitas Malaysia Sabah (UMS) dalam tahap penjajakan kerja sama. Proses penjajakan ini menuai pembicaraan kerja sama dalam bentuk student mobility (pertukaran mahasiswa), teacher mobility (pertukaran dosen), penerbitan jurnal, penelitian bersama, dan seminar internasional. “Kerjasama ini diharapkan dapat berlangsung lama sehingga adanya program Dual Degree seperti yang telah dilakukan oleh Manajemen FE,” jelas Syafri, Selasa (4/10). Lebih lanjut Syafri menjelaskan, FIS dan UMS tengah melakukan perancangan MoU yang ditargetkan akan selesai dan ditandatangani pada Juli 2012. Sebelumnya, lanjut Syafri, FIS pernah melakukan kerja sama dengan universitas luar, yaitu Indiana University untuk mahasiswa Ilmu Sosial Politik dan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. “Namun, untuk UPSI , tidak ada follow up. Ditambah lagi kala itu juga terjadi pergantian rektor yang mengubah sistem birokrat di universitas tersebut.”

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pun tak mau kalah. Dekan FMIPA, Prof. Dr. Lufri, M.S., menjelaskan saat ini FMIPA bekerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Teknologi Malaysia. Bentuk kerja sama juga dalam hal pertukaran mahasiswa dan dosen baik dari segi pendidikan maupun penelitian. “Kerjasama ini baru digarap sekitar dua bulan lalu,” katanya Selasa (18/10). Lufri berharap adanya kerja sama ini nanti dapat menguntungkan kedua belah pihak dalam segi pertukaran pemikiran, penelitian kekhasan alam ke dua belah pihak serta sebagai pilar dalam kemajuan dan perkembangan sebuah lembaga.

Begitu juga dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan yang tak tanggung-tanggung menggaet dua universitas luar negeri sekaligus. Kedua universitas itu adalah Ohio State University USA  dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Kerja sama yang terbentuk akhir tahun 2010 dalam bentuk konsultasi kurikulum dan Program Dual Degree. Namun, dalam perkembangannya, kerja sama yang terjalin masih dalam bentuk workshop atau seminar lokakarya. “Terakhir yang kita lakukan adalah seminar dengan mendatangkan pemateri dari Ohio University tanggal 11-12 Maret lalu,” jelas Dekan FIK, Drs. Arsil, M.Pd, Senin (24/10).

Sedangkan perihal pertukaran mahasiswa, tambah Arsil, belum ada dilakukan hingga saat ini.  Hal itu dikarenakan kurangnya fasilitas di fakultas. Maksudnya, jika melakukan pertukaran mahasiswa maka tempat penginapan dan lainnya ditanggung oleh fakultas. “Kita tidak memiliki hal tersebut.” Selain itu, lanjut Arsil, untuk pengiriman mahasiswa FIK ke sana juga terkendala oleh rendahnya kemampuan bahasa asing mahasiswa. “Bisa dibilang mahasiswa di sini kemampuan berbahasa asingnya masih minim,” ujarnya.

Oleh karena itu, kerja sama yang dilakukan masih dalam bentuk kunjungan seminar. Sejauh ini, menurut Arsil, seminar yang dilakukan bermanfaat bagi FIK sebagai bahan revisi untuk kurikulum pendidikan jasmani. “Selain itu, mampu meningkatkan kualitas akademik sesuai kebutuhan pasar, dalam hal ini pendidikan,” katanya.

Selanjutnya kerja sama yang dijalin Fakultas Teknik (FT). Terhitung dari tahun 2006 lalu, FT telah bekerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dalam bidang Technical Vocational Education (Pendidikan Kejuruan Teknik) serta Universitas Pendidikan Sultan Idris juga dalam bidang yang sama. Kerja sama yang dijalin dalam bentuk pertukaran dosen dan staf serta studi lanjut program doktor. “Namun, untuk mahasiswa S1 belum ada,” kata Pembantu Dekan III FT,  Drs. Bachrul Amien, ST. M.Pd., Rabu (20/10).

Source: Ganto Online Santi/Afdal Laporan: Salim, Nova, Iin, Ninit, Tuni*, Ami Jaer*,
Jefri*, Duni*, Rita*, Azizah*

By admin | Posted in News and Events | Both comments and trackbacks are currently closed.

Tagged: , , , ,