Apr. 30.

UNP Jalin Kerja Sama dengan Jerman

UNP Jalin Kerja Sama dengan Jerman
UNP Jalin Kerja Sama dengan JermanUNP Jalin Kerja Sama dengan Jerman:

Braunschweig, April 2012,

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (UNP) telah menjalin kerja sama dengan Technische Universitaet Carolo Wilhelmina Braunschweig (TU BS) propinsi Lower Saxony, Jerman Utara. Kerja sama di bidang Pendidikan Keguruan ini adalah kerja sama yang pertama kali terjadi untuk Indonesia. Kerja sama antar Perguruan Tinggi Indonesia dengan Jerman selama ini kebanyakan bergerak dalam bidang Tekhnologi, Biologi dan Kimia dan sebagian besar adalah dengan Universitas yang ada di kepulauan Jawa seperti: Univesitas Padjadjaran, Institut Tekhnologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada.

Penjajakan TU Braunschweig ke UNP Padang dilakukan pada bula September 2011 lalu oleh Ketua jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ( Engslisches Seminar) di Fakultas pengetahuan Ilmu Pendidikan dan Keguruan ( Geistes- und Erziehungswissenschaften), Prof. Dr. Angelika Kubanek, ke kampus FBS Univesitas Negeri Padang.  Prof. Dr. Angelika Kubanek mengenal kampus ini dari mahasiswinya yang juga adalah alumni pada jurusan ini dahulu sewaktu masih bernama IKIP Padang. Di akhir penjajakannya selama 10 hari di sana, Prof. Dr. Kubanek akhirnya memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan kampus ini dalam berbagai bidang, misalnya pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, praktek, double degree, kebudayaan dan sebagainya.

Dalam MoU /Memorandum of Understanding yang telah ditanda tangani pada tanggal 16 September 2011 oleh Rektor UNP Prof. Dr. Mawardi Effendi dan Prof. Dr. Angelika Kubanek menyatakan tujuan utama kerja sama antara kedua Perguruan Tinggi ini akan bertitik berat dalam bidang peningkatan akademika, penelitian dan kooperasi budaya dalam program pendidikan.   MoU yang berisikan 7 point utama yang akan dilaksanakan kedepan  akan ditanda  tangan ulangi oleh Rektor UNP Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi. M.Pd  dan Presiden TUBS Prof. Dr.-Ing. Dr. h. c. Jürgen Hesselbach pada tanggal 21 Mai 2012  di kampus TUBS Braunschweig, Jerman.

Kedatangan  4 orang delegasi  UNP   yang terdiri dari dekan FPBS dan Kajur Bahasa Inggris  serta direktur program graduasi akan dipimpin langsung oleh Rektornya.

Selain mengunjungi kampus TUBS, delegasi ini  direncanakan juga akan  untuk mengunjungi kota kembar Padang, Hildesheim dan universitas Hildesheim  serta kampus seni rupa HBK ( Hochschule für Bildende Kunste/Sekolah Tinggi Seni rupa) Braunschweig, perwakilan pemerintah Indonesia di Berlin dan Hamburg, juga beberapa Universitas yang dinilai relevan dengan UNP dan juga organisasi Ahli dan Sarjana Indonesia (IASI) di Jerman serta Persatuan Pelajar Indonesia  (PPI) di region Lower Saxony.

Selain UNP, Universitas Bung Hatta Padang juga telah menjalin kerja sama dengan HAWK (Hochschule für Angewandte Wissenschaft und Kunst) Hildesheim dan masih dalam proses kelanjutan antara Unand Fakultas Tekhnik Lingkungan dengan FH Ostfalia Wolfenbuettel jurusan Pengolahan sampah dan limbah yang telah dijajaki oleh Dr. Uyung Gatot Dinata dimasa itu sebagai Dekan Fakultas Tekhnik. Mudah-mudahan ada tindak lanjut proses kerja sama Unand ini mengingat   dilema Padang dengan sampah.

By admin | Posted in News and Events | Both comments and trackbacks are currently closed.

Tagged: , , , , , ,